TOP COLLECTION
[A Photography Project]
05 – 27 February 2004



Artists:
Andang Kelana [Documentary Filmmaker / Jakarta]
Angki Purbandono [Photographer / Jogjakarta]
Dimas Jayasrana [Filmmaker, Researcher / Purwokerto & Jakarta]
Indra Ameng [Visual Artist / Jakarta]
Irwan Ahmett [Visual Artist, Graphic Designer / Jakarta]
Henry Foundation [Visual Artist, Music Video Director / Jakarta]
Wimo Ambala Bayang [Photographer / Jogjakarta]



Proyek seni rupa ini merupakan sebuah usaha ruangrupa untuk melihat kembali budaya photography dalam masyarakat dan kemudian melakukan investigasi, mengidentifikasi dan mempertanyakan kembali kemungkinan-kemungkinan yang bisa dilakukan oleh medium photography. Dan juga untuk mencoba melihat lebih jauh makna dibalik sebuah karya foto dalam hubungannya dengan perkembangan visual culture, modernitas dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.





Pada project ini ruangrupa mengundang 7 peserta yang terdiri dari seniman, photographer, periset, graphic designer, pembuat film dokumenter dan mahasiswa. Satu bulan sebelum project dimulai masing-masing peserta telah mendapatkan deskripsi dari gagasan project ini, sehingga pada saat project dimulai semua sudah mempunyai frame yang sama untuk mengerjakan karyanya.





Selama project berlangsung diadakan 4 kali pertemuan yang berfungsi sebagai sarana diskusi dan brainstorming diantara peserta untuk saling kritik dan mempertajam ide masing-masing.



Proses kerja selama satu bulan dikerjakan di ruangrupa, dan pada sesi terakhir pertemuan diadakan presentasi akhir secara internal diantara peserta dan ruangrupa. Presentasi terakhir ini lebih membahas mengenai display dan output terakhir project kepada publik, yaitu berupa pameran dan booklet.





Dari project ini dihasilkan 7 karya dari 7 peserta yang dipresentasikan di ruang pamer ruangrupa.







opening: Saturday, 27 February 2004 (19.30)
at the opening: celebrate! ruangrupa 4th anniversary..






on stage:
DJ Danger, DJ Keke & Karaoke with oomleo

exhibition - open daily: 28 February – 10 March 2004 (12.00 – 20.00)


(..back..)